Jurnal Pendidikan Sains
Vol 2, No 2: Juni 2014

Development of Web-Based Formative Assessment Model to Enhance Physics Concepts of Students

Ediyanto Ediyanto (SMK Negeri 4 Malang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Pengembangan Model Penilaian Formatif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Abstract: There are two approaches of learning assessment, called formative and summative. The formative assessment is applicable because it involves students directly during the process, may im-prove these students perceptive. The limited time in class makes this process difficult, then the de-velopment of both online and offline formative assessment, provide responsive feedback for teachers and students, is definitely needed. This research goal is to produce a model of web-based formative assessment for physics. This study used research design and development of the formative assess-ment-model. Questionnaire is used for product validation, consist of validation of textbook,  instrument of pre and post-learning quizzes and web product.The result of quantitative analysis shows that the developed product is valid without any revision. Based on qualitative data, the product revision follows comments and suggestions from expert’s validation, teachers and students. The product testing shows that the formative assessment-model may improve students’ conceptual comprehension. Key Words: formatice assessment-model, students’ conceptual comprehension of physics, web-based Abstrak: Penilaian terbagi menjadi dua macam yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif tepat digunakan karena prosesnya melibatkan siswa secara langsung di dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Keterbatasan waktu di kelas menyebabkan proses ini sulit dilakukan, maka perlu dikembangkan model penilaian formatif secara online dan off-line yang dapat memberikan umpan balik yang cepat bagi siswa dan guru. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan model web-based penilaian formatif untuk pembelajaran fisika. Penelitian menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model penilaian formatif. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk uji kelayakan produk yang meliputi validasi naskah buku, instrumen kuis prapembelajaran, instrumen kuis pascapembelajaran dan web produk. Hasil analisis data kuantitatif adalah produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori layak sehingga tidak memerlukan revisi. Berdasarkan data kualitatif, produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator, guru dan siswa. Hasil uji coba produk menunjukkan model penilaian formatif web-based dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: model penilaian formatif, pemahaman konsep fisika siswa, berbasis web

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...