Jurnal Pendidikan Sains
Vol 6, No 4: December 2018

Distributed Scaffolding Influences in Inquiry Learning on High Order Thinking Skills

Muji Sobirin (SMAN 1 Waru Pamekasan)
Supriyono Koes . H (Physics Education-Universitas Negeri Malang)
Sentot Kusairi (Physics Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Abstract: The study aims to investigate the effect of distributed scaffolding in inquiry learning to higher order thinking skills (HOTS) of students, especially on optical geometry subject. This study used a quasi-experimental design with pretest and posttest control group design. The study used 10 multiple choices with open-ended questions. The data were analyzed using ANCOVA. The results showed that higher order thinking skills of students learned by inquiry learning with distributed scaffolding better than the control class. Every inquiry stage which integration with scaffolding train student to organize prior knowledge with new knowledge. Further research can deepen qualitatively about the thinking process of students in learning Physics with distributed scaffolding.Key Words: higher order thinking skills (HOTS), distributed scaffolding, inquiryAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh scaffolding terdistribusi dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, pada pokok bahasan optik geometri. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest and posttest control group design. Instrumen penelitian untuk mengukur HOTS berbentuk pilihan ganda beralasan sebanyak 10 soal. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Ancova. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri disertai scaffolding terdistribusi lebih baik dari pada kelas kontrol. Setiap tahapan inkuiri yang terintegarasi bersama scaffolding melatih siswa untuk berpikir pemecahan masalah yang komplek. Penelitian lanjutan dapat memperdalam secara kualitatif tentang proses berpikir siswa dalam pembelajaran Fisika dengan scaffolding terdistribusi.Kata kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, scaffolding terdistribusi, inkuiri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...