Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018

PENGARUH PENERAPAN MODEL HOLISTIC MATHEMATICS EDUCATION (HME) BERBASIS “SISTEM AMONG” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS RENDAH

Hayati, Rahmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Holistic Mathematics Education (HME) berbasis sistem among pada siswa kelas rendah. Namun pada bagian ini difokuskan untuk mengeksplorasi dampak dari penerapan model terhadap pemahaman konsep siswa. Ini adalah penelitian desain yang diikuti oleh penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan pada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas III (kelas rendah) di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak setelah memenuhi uji persyaratan analisis. Satu kelas diambil sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas konrol. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrument berupa tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji Anava Dua Arah. Hasil analisis menunjukkan bahwa:1)  Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa antara penerapan model HME  berbasis “sistem among” dengan model konvensional pada siswa SD kelas rendah, 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa antara kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah pada siswa SD kelas rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...