Dilatar belakangi oleh sebagian siswa kelas VII A yang merasa kesulitan menguasai konsep, ditunjukkan dari hasil mengerjakan Lembar Kerja (LK) dengan menggunakan metode ceramah, dari 42 peserta didik yang sudah mendapatkan nilai 80 baru 10 orang, sedang 32 peserta didik lainnya masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, maka diterapkanlah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle. Fokus dari penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi organisasi kehidupan mahluk hidup melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk data kuantitatif dan angket  untuk data kualitatif. Dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep pada peserta didik, hal itu dapat dilihat dari 42 peserta didik, pada siklus I mendapatkan rata- rata nilai 70,24 dan pada siklus II mendapatkan rata-rata nilai 80,71. Dari nilai yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 10,47 poin. Hasil angket pembelajaran menunjukkan hasil yang memuaskan karena sebagian peserta didik memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle.
Copyrights © 2018