Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PUZZLE DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMPN 1 KARANGTANJUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

pertiwi, wiwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Dilatar belakangi oleh sebagian siswa kelas VII A yang merasa kesulitan menguasai konsep, ditunjukkan dari hasil mengerjakan Lembar Kerja (LK) dengan menggunakan metode ceramah, dari 42 peserta didik yang sudah mendapatkan nilai 80 baru 10 orang, sedang 32 peserta didik lainnya masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, maka diterapkanlah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle. Fokus dari penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi organisasi kehidupan mahluk hidup melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes  untuk data kuantitatif dan angket  untuk data kualitatif. Dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep pada peserta didik, hal itu dapat dilihat dari 42 peserta didik, pada siklus I mendapatkan rata- rata nilai 70,24 dan pada siklus II mendapatkan rata-rata nilai 80,71. Dari nilai yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 10,47 poin. Hasil angket pembelajaran menunjukkan hasil yang memuaskan karena sebagian peserta didik memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan puzzle.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...