Journal of Public Policy and Management Review
Volume 7, Nomer 3, Tahun 2018

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Khesia Khesia (Departemen Administasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro)
Ida Hayu Dwimawanti (Departemen Administasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu ukuran untuk menilai pelayanan publik. Puskesmas Rowosari merupakan unit pelaksana tingkat pertama dalam memberikan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya yakni tingkat kecamatan dan kelurahan. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai sejauh mana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesms Rowosari dengan menggunakan dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty serta untuk mengidentifikasi faktor yang menghambat kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rowosari Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puskesmas Rowosari telah memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakatnya. Selain itu, Puskesmas Rowosari masih memiliki hambatan dalam memberikan pelayanan yang dari berasal dari faktor kesadaran kurangnya kesadaran petugas untuk datang tepat waktu, faktor sistem prosedur dan peraturan yaitu banyaknya pasien yang tidak membawa persyaratan yang lengkap, faktor pengorganisasian yaitu adanya tumpang tindih pekerjaan bagi perawat poli gigi, dan faktor sarana pelayanan yaitu kurangnya jumlah kursi di ruang tunggu pasien.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppmr

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Publik diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas ...