STUDIA ISLAMIKA
Vol 19, No 1 (2012): Studia Islamika

Education, Young Islamists and Integrated Islamic Schools in Indonesia

Noorhaidi Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2014

Abstract

Artikel ini memperlihatkan bahwa ekspansi sekolah Islam terpadu menandai tumbuhnya kelas menengah Muslim baru yang berhasrat mengekspresikan identitas keagamaan sambil memperlihatkan status, kelas, dan selera sosial mereka sebagai Muslim yang modern dan bersentuhan erat dengan globalisasi. Dengan biaya yang mahal dan berbagai fasilitas yang ditawarkan, sekolah-sekolah Islam terpadu memberikan kebanggaan sosial kepada para orang tua dan sekaligus rasa identitas sebagai Muslim yang berkomitmen. Hal-hal yang bersifat praktis, seperti waktu bersekolah yang lebih lama (full-day system) yang memungkinkan orangtua untuk menitipkan putra-putri mereka di sekolah sehabis jam sekolah biasa juga menjadi alasan penting di balik keputusan banyak anggota kelas menengah di perkotaan melirik sekolah Islam terpadu. Di tengah meluasnya ekses-ekses kenakalan remaja dan pergaulan bebas, upaya memastikan putra-putri mereka berada pada tempat yang aman menjadi sangat penting bagi orang tua yang sibuk bekerja dan beraktivitas.DOI: 10.15408/sdi.v19i1.370 

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

studia-islamika

Publisher

Subject

Religion Education

Description

STUDIA ISLAMIKA (ISSN 0215-0492; E-ISSN: 2355-6145) is a journal published by the Center for the Study of Islam and Society (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. It specializes in Indonesian Islamic studies in particular, and Southeast Asian Islamic studies in general, and is intended to ...