EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Mutmainnah Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA serta menguji hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA pada siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang sebanyak 430 siswayang terdiri dari 7 sekolah. Subjek dalam penelitian sebanyak 140 siswa. 30 siswa digunakan sebagai uji coba sedangkan 110 orang digunakan sebagai sampel. Strategi pengambilan sampel menggunakan metode purposive yaitu metode pengambilan sampel dengan cara menetapkan subjek sesuai dengan tujuan penelitiani. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hunungan kemampuan berfikir kritis dan regulasi diri dalam meningkat hasil belajar IPA siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...