JURNAL SWARNABHUMI
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Swarnabhumi

PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI LINGKUNGAN DAN DAERAH SEKITAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YKPP TALANG UBI KABUPATEN PALI

Bunga Adelia (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Siti Asiyah (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI IPS SMA YKPP Talang Ubi Kabupaten PALI. Metode penelitian yang akan digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IS 2 berjumlah 32 siswa. Rumusan masalah: 1) bagaimana penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar?; 2) bagaimana hasil peningkatan kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI dalam materi mitigasi dan adaptasi bencana alam?. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar. 2) hasil peningkatan kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI dalam materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes, posttes dan lembar kerja siswa. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I (18,75%), siklus II (94%). Dapat disarankan bahwa model pembelajaran CTL dapat digunakan pada pelajaran geografi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...