JURNAL SWARNABHUMI
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Swarnabhumi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Arni Wulandari (Unknown)
Helfa Septinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang tahun pelajaran 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan kategori Posttest Only Control Desain dan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berjumlah 34 siswa dimana kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional (ceramah) berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam uji hipotesis menggunakan Statistik Parametris yaitu rumus uji-t dengan taraf signifikan (ɑ = 0,05). Setelah menerapkan model pembelajaran Course Review Horay, uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung (4,610) > ttabel (1,669) dengan taraf signifikan 95% dan dk = 66. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis Ho ditolak jika : thitung ≥ ttabel : berarti Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa “terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...