Mata kuliah Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah mata kuliah wajib bersyarat yang harus diselesaikan di semester enam oleh mahasiswa Pendidikan Geografi yang sebelumnya harus lulus pada mata kuliah kartografi dan penginderaan jauh. Mahasiswa diwajibkan mengikuti tatap muka perkuliahan maksimal 16 kali pertemuan yang terdiri dari teori dan juga praktikum. Praktikum dilaksanakan setelah menyelesaikan teori/konsep SIG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum SIG terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan geografi dalam membuat peta berbasis Arc Gis. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yakni kelas VI A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan teknik dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Desain ini terdapat satu kelompok perlakuan dan selanjutnya di observasi hasilnya. Dilihat dari hasil perolehan nilai mahasiswa dalam praktikum SIG membuat peta berbasis Arc Gis dengan indikator menampilkan data spasial, Georeferencing, digitasi, atributing, analisis dan layout menunjukkan bahwa terdapat beberapa mahasiswa yang memperoleh nilai rendah, yakni berada dibawah ketuntasan minimum diantaranya berada kisaran nilai 4,0 – 6,0 dan nilai tertinggi berada pada kisaran nilai 8,0 – 9,0. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai SIG dengan menggunakan uji-t diperoleh signifikansi 0,004. Ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh lebih kecil dari 0,05. Artinya, bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum SIG terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan geografi dalam membuat peta berbasis Arcgis.
Copyrights © 2018