ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakanmultimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1Babat Toman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif denganpendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 BabatToman.Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampel. Sampel yang digunakan dalampenelitian ini sebanyak 2 kelas yakni kelas X IPS 1 berjumlah 36 siswa dengan menggunakan MultimediaPembelajaran Interaktif dan kelas X IPS 2 berjumlah 36 siswa dengan menggunakan Media Presentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapatditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Media Presentasi lebih baik dibandingkanmenggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Hipotesis yang berlaku adalah Terdapat perbandinganhasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaraninteraktif da n media presentasi padamata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Babat Toman tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat darihasil uji hipotesis dengan nilai thitung = - 17,2 dan ttabel = 1,027 (μ1≠ μ2) berdasarkan kriteria uji hipotesisbahwa Ha : μ1≠ μ2.Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interaktif, Media Presentasi, Hasil Belajar.PENDAHULUAN
Copyrights © 2017