Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA 5 Palu

Safitri, Riska (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Janarwi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya  pengaruh kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan model Discovery Learning pada pada materi Usaha dan Energi  kelas X SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen kemampuan berpikir kreatif siswa adalah tes esai yang telah divalidasi oleh validator. Persentase rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang mengikuti model Problem Based Learning adalah 68,5% yang berkriteria kreatif dan persentase rata-rata yang mengikuti model Discovery Learning  adalah 59,78% yang berkriteria kreatif. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 2,55 dan ttabel pada taraf  5% dan dk = 40 adalah 2,02. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning pada materi  Usaha dan Energi kelas X SMA Negeri 5 Palu.

Copyrights © 2020