Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP)
Vol 8, No 4 (2019)

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Retno Ayu Dewi Novitawati (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Budi Prihatminingtyas (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Imansyah , (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Berbisnis sekarang semakin lama semakin sengit , berbagai perusahaan bekerja keras agar tetap bisa bersaing dan mempertahankan posisinya serta merebut pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Kantin Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik. Sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantin Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Kantin Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan hasil Uji F pada penelitian ini menunjukan sig. F 0,516 0,05 yang artinya Kualitas Pelayanan secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil Uji t didapat hasil bahwa variabel keandalan (X1 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel daya tanggap (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel jaminan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel empati (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen,dan variabel bukti fisik (X5) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JISIP Journal of Social and Political Science is published three times a year (April, August and December). Article published in JISIP is an article based on the results of research (priority), and articles on scientific reviews of contemporary phenomena in the field of Social and Political Science, ...