Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 7, No 2: Semester Genap 2018/2019

PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang)

BADRUS SOFI (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk olahraga Specs di KotaMalang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dai variabelindependen yaitu celebrity endorsement (X), variabel mediasi brand image (Z)dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsementterhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian causal research untukmenjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Respondendalam penelitian ini adalah konsumen produk olahraga Specs di Kota Malangyang berjumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitianmenggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan software SPSS ver. 20.Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) untukmengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitianmenunjukkan bahwa celebrity endorsement secara langsung berpengaruh positifdan signifikan terhadap brand image pada konsumen produk olahraga Specs diKota Malang. Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang.Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianpada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Namun secara tidaklangsung, brand image tidak dapat memediasi celebrity endorsement terhadapkeputusan pembelian.Kata kunci: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2018