Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 1 (2019): VOL 7, NO 1 FEBRUARY 2019

Motif dan Kepuasan Pemirsa Surabaya dalam Menonton Program Variety Show “Inbox” SCTV

Winny Pangestu (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Agusly Irawan Aritonang (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Daniel Budiana (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan masyarakat Surabaya dalam menonton program variety show “Inbox” di SCTV. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dengan variabel Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) yang memiliki indikator yaitu informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis eksplanatif dengan statistik inferensial serta uji crosstab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Surabaya mendapatkan kepuasan dalam indikator informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan tidak mendapatkan kepuasan dalam indikator hiburan. Motif dan kepuasan tertinggi ada pada identitas pribadi. Sedangkan motif dan kepuasan terendah ada pada indikator hiburan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...