cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal e-Komunikasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new media
Arjuna Subject : -
Articles 1,336 Documents
HAMBATAN KOMUNIKASI DOWNWARD DAN UPWARD PADA DIVISI SALES & MARKETING BUKIT DARMO GOLF SURABAYA Simu, Emilia Defince
Jurnal e-Komunikasi Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah hambatan komunikasi downward dan upward pada divisi sales & marketing di Bukit Darmo Golf Surabaya. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dalam melakukan analisis serta menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam untuk memperoleh informasi secara mendalam dari para informan yang telah ditentukan. Hambatan komunikasi downward dan upward yang diteliti oleh peneliti adalah meliputi hambatan perilaku, hambatan struktur, hambatan bahasa, hambatan latar belakang, hambatan teknis dan hambatan jarak.Peneliti menemukan bahwa dalam divisi sales & marketing Bukit Darmo Golf terjadi hambatan komunikasi yang dilakukan dari atasan ke bawahan maupun dari bawahan ke atasan. Dimana antara atasan dengan bawahan kurang adanya kedekatan sehingga hubungan yang terjalin pun kurang harmonis dan komunikasi pun menjadi tidak efektif. Tidak adanya meeting antara atasan dengan bawahan sehingga bawahan tidak dapat memberikan umpan balik / masukan berupa kritik dan saran. Atasan hanya berkomunikasi dengan bawahan jika ada pekerjaan yang ingin diberikan kepada bawahan.
SIKAP MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP PESAN MISTIK DALAM PROGRAM ACARA DUA DUNIA DI TRANS 7 Anggraini, Irene
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap masyarakat Surabaya terhadap pesan mistik dalam program acara Dua Dunia di Trans 7. Sikap masyarakat Surabaya dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Teori dasar yang digunakan adalah teori mistik (Bungin, 2005). Dalam teori ini, mistik dibagi menjadi empat dimensi, yaitu ritualistik, interaksi, visualisasi, dan karakter. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pengumpulan data berupa kuesioner. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling, yaitu incidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap masyarakat Surabaya terhadap pesan mistik dalam program acara Dua Dunia adalah netral, artinya hasil dari sikap kognitif yang tinggi yaitu masyarakat tahu dalam tayangan Dua Dunia menayangkan dimensi mistik dan sikap afektif serta konatif yang rendah, yaitu masyarakat tidak suka dan tidak mau meniru adegan dalam tayangan Dua Dunia. 
EVALUASI SPECIAL EVENT SURABAYA FASHION PARADE 2012 YANG DISELENGGARAKAN OLEH TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA Tandy, Gabrielle Stephanie
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi special event Surabaya Fashion Parade 2012 yang diselenggarakan oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Special event ini sudah diselenggarakan lima kali tetapi belum pernah dilakukan evaluasi. Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi dalam special event ini tampak tidak konsisten. Evaluasi dilihat dari efek proses komunikasi yang terjadi antara panitia penyelenggara event dengan peserta kompetisi dalam event tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik wawancara. Peneliti menemukan bahwa proses komunikasi antara panitia penyelenggara dengan peserta kompetisi dari mulai pra-event, saat pelaksanaan event hingga event berakhir telah berjalan dengan cukup lancar. Namun masih ada beberapa hal detail yang kurang diperhatikan oleh panitia.
REPRESENTASI WHITENESS DALAM FILM “MACHINE GUN PREACHER” Wiratama, Davin
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tentang Representasi Whiteness Dalam Film “Machine Gun Preacher”. Dalam pembuatan film bertema Afrika, sineas Hollywood sebagian besar memakai orang kulit putih sebagai pemeran utama dalam film tersebut sedangkan orang kulit hitam berperan sebagai pendamping tokoh utama atau terkadang dijadikan tokoh antagonis sebagai lawan orang kulit putih. Pada penelitian ini digunakan konsep “whiteness” yang ditujukan untuk memberikan identitas rasial dan terhubung ke dalam makna sosial terkait dengan perbedaan ras. Metode yang dipakai oleh peneliti berupa metode semiotika yang akan dikaitkan dengan kode-kode televisi Fiske. Hasil yang didapat peneliti bahwa film ini mengukuhkan gambaran orang kulit putih sebagai orang yang lebih superior di hadapan orang kulit hitam, sekaligus kian mengukuhkan ideologi whiteness yang sudah berlangsung puluhan tahun dalam film-film Hollywood.
KEPUASAN PELANGAN TERHADAP PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) NOVOTEL SURABAYA HOTEL AND SUITES Erasmus, Januard C.H.
Jurnal e-Komunikasi Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Program Customer Relationship Management (CRM) Novotel Surabaya Hotel and Suite terbagi dalam 2 kategori yaitu CRM tatap muka dan CRM non tatap muka. Pada penelitian ini peneliti mengangkat program CRM tatap muka dengan fokus pada program VIP Treatment dimana program CRM ini dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang baik dan meningkatkan kepuasan dari tamu VIP. Terdapat 5 aktivitas program CRM VIP Treahment diantaranya welcome drink, welcome food, escort by Guest Relations Officers (GRO), easy check-in and Check-out process, dan special request. Dengan menggunakan analisa kuantitaif dengan penghitungan statistika, tingkat kesesuaian dan juga customer satisfaction index didapati bahwa tingkat kepuasan tamu VIP Novotel Surabaya Hotel and Suite sebesar 78,01 % dengan indikator kepuasan tergolong puas. Masih perlu inovasi dan evaluasi dalam pelaksanaan program CRM ini terutama pada aktivitas easy check-in and Check-out process yang memiliki tingkat pengukuran kepuasan paling rendah bila dibandingkan dengan 4 kativitas CRM VIP Treatment lainnya.
Representasi Pluralisme dalam film Tanda Tanya Setiawan, Velina Agatha
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Pluralisme bukanlah relativisme atau memandang semua agama sama saja. Tetapi, pluralisme adalah sikap tenang dan tidak terganggu dengan iman dan keberagaman orang lain. Dalam keberagaman tersebut, setiap orang dapat berinteraksi dengan semua kelompok, menampilkan rasa hormat dan toleransi satu sama lain tanpa konflik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pluralisme yang ada di dalam film “?” (Tanda Tanya). Untuk menggambarkan apakah film “?” (Tanda Tanya) ini bercerita tentang pluralisme, peneliti menggunakan konsep representasi. Representasi adalah proses perubahan konsep-konsep ideologi yang abstrak dalam bentuk konkret. Hasil penelitian ini adalah adanya representasi pluralisme kategori pluralisme bukanlah relativisme melainkan bertemunya komitmen, pencampuran simbol-simbol agama dan unsur inklusivisme yang digambarkan melalui kode dialog, setting, karakter dan narasi. 
PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PT. DJATIM SUPER COOKING OIL SURABAYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Yoanne, Benedicta
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Iklim di dalam sebuah organisasi sangatlah penting karena secara tidak langsung iklim komunikasi organisasi dapat memengaruhi cara hidup orang-orang di dalam sebuah organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah iklim komunikasi organisasi PT. Djatim Super Cooking Oil memengaruhi kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan analisa regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi PT. Djatim Super Cooking Oil Surabaya berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga diharapkan bisa menambah kajian ilmu komunikasi organisasi.
PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP NILAI NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA KATANYA” Linadi, Ruthantika Cahya
Jurnal e-Komunikasi Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Nasionalisme menjadi hal yang mulai pudar maknanya, padahal nasionalisme itu sendirii diperlukan untuk menjaga negaranya sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerimaan khalayak terhadap nilai nasionalisme dalam film “Tanah Surga Katanya”. Teori yang digunakan adalah reception analysis. Penelitian deskriptif kualitatif ini memberikan gambaran bagaimana informan yang berstatus sebagai masyarakat perbatasan, calon TKW, dan yang berprofesi sebagai TKW menerima nilai nasionalisme yang dibentuk dalam film “Tanah Surga Katanya. Hasil penelitian ini adalah informan 1 dan 3 memiliki penerimaan negotiated sedangkan penerimaan informan 2 berada di posisi dominant terhadap nilai nasionalisme dalam film “Tanah Surga Katanya”. Penerimaan ketiga informan ini dilatarbelakangi oleh pengalaman, budaya, prinsip hidup, dan kemampuan informan dalam mengonsumsi pesan dalam media.
Proses Sosialisasi Sistem "Sembilan Alur Kerja" di PT.XYZ (ex CV.MNO) Singkoh, Chandra Janaiver
Jurnal e-Komunikasi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses sosialisasi di PT. XYZ atas sistem "sembilan alur kerja" yang mereka miliki. Perusahaan atau yang dapat dikatakan sebagai pemilik berkeinginan untuk memperbaiki sistem yang mereka miliki dari yang terdahulu. Dibuatlah sistem sembilan alur kerja, dalam sistem ini terdapat alur komunikasi yang membentuk dan membangun sistem ini agar dalam pelaksanaannya karyawan dapat melihat bagaimana sistem sembilan alur kerja ini dapat berjalan. Namun yang terjadi dalam perusahaan ini adalah justru 80% karyawan menyatakan untuk mengundurkan diri dalam tempo waktu yang singkat. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan desain tunggal, dikarenakan desain tersebut lebih kuat serta kritis dalam melakukan analisis dan dapat digunakan sesuai dengan judul penelitian. dengan metode ini diharapkan Proses sosialisasi yang tidak jelas membentuk pro dan kontra dalam pelaksanaanya. Terdapat tiga tahapan sosialisasi yang membentuk proses sosialisasi itu sendiri, dimulai dari tahapan anticipatory, berlanjut ke encounter dan berakhir pada metamorphosis dalam diri setiap individu yang tergabung dalam perusahaan itu sendiri. Teori yang digunakan adalah teori sosialisasi dari Kramer yaitu dalam bukunya Organizational Sosialization dan Miller dalam bukunya Organizational Communication. Konsep-konsep ini juga didukung dengan konsep dari Goldhaber serta Pace dan Faules dalam buku komunikasi organisasi yang mereka buat.
KONSTRUKSI KECANTIKAN DALAM IKLAN KOSMETIK WARDAH Worotitjan, Hulda Grace
Jurnal e-Komunikasi Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal e-Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Iklan kosmetik selama ini, menggambarkan kecantikan melalui penampilan fisik yang menonjolkan bagian tubuh tertentu sebagai daya tarik perempuan. Ditengah keberadaan iklan-iklan tersebut, Wardah kemudian muncul dan menampilkan sesuatu yang berbeda dengan menampilkan perempuan berhijab dalam iklannya. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dengan kode televisi John Fiske. Kecantikan yang dikonstruksi dalam iklan ini adalah kecantikan feminin yang mengarah kepada budaya patriarki dan tuntutan kapitalisme.

Page 1 of 134 | Total Record : 1336