Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media Audio visual untuk siswa SMP kelas VIII dan untuk menggambarkan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan siswa dalam menulis puisi.Peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas.Adapaun, setiap siklus menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Pada siklus pertama siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis puisi, pada siklus kedua siswa mulai memahami unsur-unsur batin dalam menulis puisi, lalu pada siklus ketiga dan keempat siswa mampu memahami unsur batin yang terdapat dalam puisi yang ditampilkan seorang membacakan sebuah puisi.Kata Kunci: media pembelajaran, menulis puisi, Audio Visual DOI Jurnal: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.03
Copyrights © 2020