Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 8, No 1 Apr (2020): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 PRINGSEWU

Yemi Valentini (FKIP Universitas Lampung)
Mulyanto Widodo (FKIP Universitas Lampung)
Bambang Riadi (FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2019

Abstract

The aim of the study was to describe the learning planning, the learning implementation and the learning assessment of writing short stories. The method used in this research was descriptive qualitative. The subject of the research is the learning of writing short stories students of IX 1 class at SMP Negeri 1 Pringsewu in academic year 2018/2019. The result showed that the teacher has done three stages in learning which include planning, implementing, and assessing. In planning, the teacher makes a lesson plan based on the components of the 2013 Curriculum. The learning implementation is summarized in pre- activities, whilst activity, and post activities. The assessment conducted by the teacher includes the attitude competency assessment by observing the attitude of students' responsibility towards the given task, the assessment of knowledge competence by giving questions in the form of written tests and oral tests, and the assessment of skills competencies in the form of practical tests by performing their work. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini adalah pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil  penelitian menunjukan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan mengamati sikap tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan, penilaian kompetensi pengetahuan dengan memberikan soal berupa tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan berupa tes praktik dengan melakukan unjuk kerja. Keywords: short stories, writing texts, learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...