Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 1 Apr (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarnnya)

Imaji Alam Dalam Kumpulan Puisi Melipat Jarak Karya SDD dan Rancangan Pembelajarannya

Siti Nurohita (FKIP Universitas Lampung)
Kahfie Nazaruddin (FKIP Universitas Lampung)
Bambang Riadi (FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

The purpose of this research is to describe image in a poetry collection of Melipat Jarak by Sapardi Djoko Damono and to design the learning in senior high schools. This research used descriptive qualitative method. The data sources of this research were 20 poems in a poetry collection of Melipat Jarak. The results showed that the image in the poems Melipat Jarak used all types of images: that are visual, auditory, olfactory, feeling / tasting, tactile, and kinesthetic. The natural image used as objects of image is divided into four categories: that are flora, phenomena, abiotic, and fauna. These categories were used to produce a natural image and each of its natural elements tends to show an impression of events, places, objects, which show interaction around the poet. The results of this research can be used by Indonesian Language teachers in senior high schools.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan imaji dalam kumpulan puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono dan merancang pembelajaran di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berjumlah 20 puisi yang terdapat dalam kumpulan puisi Melipat Jarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imaji dalam puisi-puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono menggunakan semua jenis imaji, yaitu visual, auditori, penciuman, rasaan/pencecapan, taktil, dan kinestetik. Imaji alam yang digunakan penyair sebagai objek imaji terbagi atas empat kategori yaitu flora, fenomena alam, abiotik, dan fauna. Kategori-kategori tersebut digunakan si penyair untuk menghasilkan imaji alam dan tiap unsur alamnya cenderung menunjukkan kesan terhadap peristiwa, tempat, benda yang menunjukkan interaksi di sekitar penyair. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Indonesia di SMA.Kata kunci: imaji, rancangan pembelajaran, puisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...