Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan Media Visual, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan Media Visual, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Visual pada materi pencernaan makanan pada manusia  kelas V semester Ganjil. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 70,76% (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,23% (kategori sangat baik); (2) aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar  70,30% (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,76% (kategori sangat baik); (3) hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas dengan persentase 68,18% (kategori baik), sedangkan pada siklus II sudah tuntas dengan persentase 88,64% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan media visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas  V MIN 20 Aceh Besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019