PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 1 (2019)

PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA I

Nur Tanfidiyah (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2019

Abstract

Pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk kepribadian siswa. Kepribadian siswa yang baik salah satunya tercermin dari perubahan perilaku sesuai dengan peraturan kelas yang telah disepakati. Oleh karena itu, usaha pengembangan peraturan kelas menjadi kajian yang patut dilakukan. Penelitian kualitatif ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian, yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan peraturan kelas yang diterapkan oleh kelas IV A MIN Yogyakarta I secara umumĀ  mampu mengatasi perilaku menyimpang siswa dan berkontribusi terhadap prestasi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...