Berdasarkan realita dalam pengelolaan pendidikan Islam masa kini, minimnya kordinasi, lunturnya komunikasi, rendahnya rasa saling menghargai dalam unit kerja maupun antar layanan pendidikan, sehingga peneliti sangat tergugah melakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami konsep-konsep dasar perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengontrolan (controlling) dalam analisis kitab tafsir al-Maraghi dan sejauh mana Relevansi konsep-konsep dasar manajemen berbasis Al-qur’an dengan Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan maudhu’i. Berdasarkan hasil analisis kitab tafsir Al-Maraghi diperoleh bahwa konsep manajemen berbasis Al-qur’an sangat relevan dalam pengelolaan lembaga Pendidikan Islam, maka diperoleh hasil bahwa pengelolaan lembaga pendidikan Islam harus selalu menerapkan nilai-nilai Islami (Islamic Worldview) dalam setiap tugas dan tanggung jawab. Diantaranya: 1) Konsep fleksibelitas, 2) efektif dan efisien, 3) transparansi dan terbuka, 4) koperatif dan partisipatif, 5) adil jujur dan konsekuwensi, 6) bertanggung jawab, 7) selektif pada informasi, 8) memberi peringatan, 9) member petunjuk dan pengarahan, 10) amar ma’ruf nahi mungkar, 11) menegakkan kebenaran dan keadilan, 12) amanah. Dengan berpedoman kepada seluruh konsep dan nilai-nilai Islami tersebut, maka kita akan selamat dunia dan akhirat.
Copyrights © 2019