Psiko-Edukasi
Vol 10, No 1 (2012): Psiko Edukasi

Hubungan Antara Kemandirian dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sd

Ivan Stevanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2012

Abstract

Kemandirian  adalah  keadaan yang memungkinkan seseorang mengatur dan mengarahkan diri sendiri sesuai dengan tingkat perkembangannya yang meliputi aspek mengambil keputusan sendiri, menguasai hampir semua aktivitas fisik, bersosialisasi untuk unjuk peran, sadar akan tugas, mematuhi aturan dan dapat mengendalikan diri. Siswa kelas IV berada dalam usia sekolah dimana salah satu ciri-cirinya adalah usia berprestasi. Bentuk pencapaian prestasi dapat dilihat dengan perolehan hasil belajar yang maksimal. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada hasil belajar IPS kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian korelasional.  Subyek penelitian ini adalah 110 siswa kelas IV dari SD Sariputra, SD Strada Nawar dan SD Strada Bhakti Nusa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa kelas IV sebagian besar menunjukkan kategori tinggi sebesar 52% dari 110 siswa dan hasil belajar IPS menunjukkan sebagian besar kategori sedang sebesar 58% dari 110 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dalam pembelajaran IPS melatih kemandirian siswa artinya bahwa siswa terlibat aktif dan mandiri dalam belajar IPS sehingga dengan siswa mandiri  maka siswa akan bertanggung jawab  dan sadar akan tugasnya dalam belajar sehingga diharapkan hasil belajar IPS siswa  dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2012