Psiko-Edukasi
Vol 12, No 1 (2014): Psiko Edukasi

Perspektif Mahasiswa dan Staf Pengajar Unika Atma Jaya Terhadap E-Learning

Ratnawati Linarto (Unika Atma Jaya)
Elisabeth Rukmini (Unika Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) telah mengimplementasikan e-learning. Penelitian bertujuan untuk mengumpulkan data terkait penggunaan e-learning, sikap pengguna, dan harapan pengguna terhadap e-learning di UAJ. Penelitian ini bersifat deskriptif dan eksploratif. Kuesioner berisi pertanyaan tertutup dan terbuka didesain untuk mencapai tujuan penelitian. Kuesioner disebarkan kepada mahasiswa dan dosen. Klarifikasi dan konfirmasi Dilakukan melalui focus group discussions (FGD) yang beranggotakan mahasiswa dan dosen.Hasil penelitian menemukan 75% mahasiswa menjawab bahwa mereka menggunakan e-learning, sementara hanya 71% (N=167) mengetahui Moodle™ sebagai salah satu e-learning. Sebanyak 32% mahasiswa berpendapat tak satu pun mata ajarnya dalam satu semester menggunakan Moodle™, 32% menyatakan hanya ada satu mata ajar menggunakan Moodle™, dan 34% mengatakan ada dua mata ajar yang menggunakan Moodle™. Hasil ini tidak terlalu mengejutkan karena ada 62% dosen (N=50) yang mengakui menggunakan e-learning.Meskipun demikian, hanya ada 26%dosen yangmenggunakan Moodle™. Mahasiswa dan dosen setuju e-learning penting dan mereka menyatakan dalam tiga tahun UAJ perlu mengoptimalkan e-learning danmendeklarasikan sebagai kampus e learning.Untuk mencapainya, mereka menyarankan UAJ melakukan peningkatan pelatihan, akses, dan kebijakan terkait e-learning. Hasil penelitian ini memberikan bukti pendukung perlunya memajukan e-learning dan menghimpun rekomendasi bagi pemangku jabatan di UAJ.

Copyrights © 2014