Gambar Teknik merupakan salah satu matakuliah wajib yang diajarkan pada setiap program studi Teknik Mesin di Indonesia. Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis, mengkomunikasikan serta membuat gambar secara grafis melalui norma dan standarisasi gambar teknik. Dalam artikel ini peneliti menggunakan multimedia based learning (MbL), sebuah model pembelajaran baru pada matakuliah Gambar Teknik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam bentuk buku digital yang menggabungkan konten audio-visual dalam satu media. Manfaat dan potensi penggunaan multimedia di kalangan mahasiswa diselidiki dan berfokus pada motivasi belajar yang meliputi beberapa aspek seperti kemudahan penggunaan, keterliabatn, kepuasan, dan kegunaanmultimedia.Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa. Untuk itu subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin Universitas Islam Raden Rahmat Malang sebanyak 16 orang yang menempuh matakuliah Gambar Teknik dengan metode MbL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan multimedia yang dikembangkan, mahasiswa dapat belajar tentang gambar teknik secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sangat setuju bahwa penggunaan multimedia dalam perkuliahan memenuhi beberapa aspek seperti mudah digunakan, meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memuaskan, dan sangat berguna dalam proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif di kalangan mahasiswa berpotensi untuk memberikan kontribusi yang positif dalam perkuliahan sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar mereka dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2020