Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 6, No 1 (2019)

PENGARUH MEDIA KOMIK SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD INPRES JATIA KABUPATEN BANTAENG

HUSNUL KHATIMAH (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru selama ini masih dilakukan oleh pendidik khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga media memiliki peranan yang sangat penting. Anak mengenal dan menyukai sesuatu hal berawal dari apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar dari sekeliling mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik sejarah terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One Shot Case Study dengan memberikan perlakuan terlebih dahulu kepada subjek penelitian kemudian diobservasi dalam hal ini motivasi belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media komik sejarah dengan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng dengan hasil analisis korelasi Pearson Product Moment diperoleh yaitu sebesar 0,62 yang memiki tingkat pengaruh yang kuat. Koefisien determinasi yaitu = 0,3844 atau 38,44% yang berarti pengaruh media komik sejarah terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng sebesar 38,44% sedangkan selisinya 61,56% ditemukan diluar variabel media komik sejarah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh media pembelajaran yakni media komik sejarah.

Copyrights © 2019