Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
Vol 3, No 4 (2018): Desember 2018

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI INKLUSIF KOTA BANDA ACEH

Nirwana Ulfha (UNIVERSITAS SYIAH KUALA)
Martunis Yahya (Unknown)
Khairiah Asfaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Nirwana Ulfha, Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling  di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1)   Drs.Martunis, M.Si (2) Khairiah, S.Pd,M.Ed. Kata Kunci: Layanan BK, Inklusif Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan yang diberikan  konselor  kepada seluruh siswa termasuk ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh serta hambatan yang di hadapi dalam proses pelaksanaan layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru BK di SMP Negeri 4, 10, dan 18 Banda Aceh sebanyak 3 orang. Sedangkan Objek penelitian adalah layanan yang dilaksanakan di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan pelaksanaan program BK di sekolah inklusif masih belum berjalan maksimal, dimana pelayanan yang diberikan guru BK masih sama dengan siswa reguler karena guru BK tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan khusus tentang menangani ABK, namun dari segi perencanaan program BK di sekolah inklusif sudah memenuhi prosedur, dalam hal penyusunan program BK di sekolah inklusif juga belum berjalan baik, implementasi program BK di sekolah inklusif kurang maksimal, kemudian evaluasi program BK di sekolah inklusif juga belum optimal. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan layanan BK di sekolah inklusif di Banda Aceh belum berjalan maksimal. Saran yang diberikan kepada kepala sekolah melalui Kepala Dinas Pendidikan untuk dapat meningkatkan kapasitas guru BK dalam bidang pelayanan BK khusunya bagi ABK yang bersekolah di sekolah tersebut dengan menyediakan tenaga ABK yang mempunyai keterampiln untuk melaksanakan layanan BK tersebut, dengan bekerja sama dengan jurusan BK  yang mempunyai konsentrasi tentang ilmu tersebut. Bagi guru BK diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan ABK agar seluruh siswa dapat tertangani dengan baik dengan cara mengikuti pelatihan dan workshop pendidikan inklusif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling terutama hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jurnal berfokus pada semua aspek psikologis yang mempengaruhi pelajar dan semua teknik bantuan psikologis yang dapat diberikan untuk menolong mereka ...