ABSTRAKSas Idiarni, Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Kestabilan EmosiRemaja (Suatu Penelitian pada Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh). Skripsi,Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1) Drs. Said Nurdin, M.Si., (2) Drs. Abu Bakar, M.Si. Kata kunci: Hubungan-Keharmonisan Keluarga-Kestabilan Emosi Remaja Untuk menciptakan keluarga yang harmonis, peran dan fungsi orang tuasangat menentukan. Keluarga yang tidak bahagia atau tidak harmonis mengakibatkankecenderungan anak yang tidak stabil emosinya semakin tinggi. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui gambaran keharmonisan keluarga, kestabilan emosiserta hubungan antara keduanya pada remaja SMA Negeri 6 Banda Aceh. Populasipenelitian ini adalah sebanyak 168 siswa kelas XI. Sedangkan sampel sebanyak 118siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatifdan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil analisis deskriptifdata menunjukkan bahwa gambaran keharmonisan keluarga berada pada kategorisedang. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah remaja pada kategori sedang yaitu 83orang dengan persentase sebesar 70%. Gambaran kestabilan emosi remaja beradapada taraf sedang. Hal itu dibuktikan dengan jumlah frekuensi jawaban remajasebanyak 99 orang dan persentase sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian terdapathubungan antara keharmonisan keluarga dengan kestabilan emosi remaja SMANegeri 6 Banda Aceh dengan nilai rhitung rtabel yaitu 0,407 0,176 pada alpha 0,05.Artinya, keharmonisan keluarga berhubungan secara positif dan signifikan dengankestabilan emosi remaja, sehingga hipotesis Ha diterima. Dengan kata lain, semakinpositif dan signifikan keharmonisan keluarga, maka semakin stabil pula emosiremaja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018