Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
Vol 5, No 1 (2020): Maret 2020

Analisis Faktor Penyebab Perilaku Off-Task Siswa

Halimah Halimah (Universitas Syiah Kuala)
Nubaity Nurbaity (Unknown)
Abu Bakar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2020

Abstract

ABSTRACT Students ' behaviour from school (off-Task) context is one of the problems that can impede students ' success in learning process. This research aims to determine the form and factor of the student's behavior that comes out of the learning context (off-task) of students. This research uses quantitative approaches with descriptive types. The population in this study was SMP Negeri 1 Darussalam in Aceh Besar district amounted to 312 students in classes VII, VIII and IX with samples amounting to 175 students. This sample was taken using random sampling with a Likert-scale shape. The results showed that the students ' behaviour from the learning context of the students in the high category was (28.57%), in medium (34.85%) and low categories (36.57%) With the dominant behaviour is to enter the room, feel sleepy and sleep in the classroom. The factors of the student behaviour that come out of the learning context are two factors that affect internal and external. On the internal factors are more dominant and the factors that are sourced from sub-variables of time management are less orderly and lack of self-celebration. While in the more dominant external factors are factors that are sourced from the family environment, curriculum and peers, the condition of the class is not conducive and school facilities..Keywords : Form, Causal Factor, Off-Task BehaviorABSTRAKPerilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran (off-task) di sekolah merupakan salah satu masalah yang dapat menghambat keberhasilan siswa dalam menjalani proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran (off-task) pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMP Negeri 1 Darussalam Kabupaten Aceh Besar berjumlah 312 siswa pada kelas VII,VIII dan IX dengan sampel yang berjumlah 175 siswa. Sampel ini diambil  menggunakan random sampling dengan bentuk skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran pada siswa yang berada pada kategori tinggi adalah (28,57%), pada kategori sedang (34,85%), dan kategori rendah (36,57%) dengan perilaku yang dominan adalah keluar masuk ruangan, merasa mengantuk dan tidur di dalam kelas. Faktor penyebab perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran terdapat faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal yang lebih dominan terdapat pada faktor yang bersumber dari sub-variabel manajemen waktu yang kurang teratur dan kurangnya keperayaan diri. Sedangkan dalam faktor eksternal yang lebih dominan adalah faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga, kurikulum dan teman sebaya, kondisi kelas yang tidak kondusif dan fasilitas sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling terutama hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jurnal berfokus pada semua aspek psikologis yang mempengaruhi pelajar dan semua teknik bantuan psikologis yang dapat diberikan untuk menolong mereka ...