Minat masyarakat Indonesia semakin bertambah dalam berbagai hal yang berkaitan dengan aspek halal. Bagian yang paling berkaitan dengan aspek halal di masyarakat antara lain melalui produk halal dan label halal. Minat masyarakat dapat diamati melalui melalui Google Trends analysis. Google Trends (GT) adalah instrumen yang popular digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang perilaku pencarian informasi berbasis web. Tujuan studi ini untuk melihat kecenderungan minat masyarakat Indonesia terhadap produk halal dan label halal menggunakan Google Trends analysis. Metode analisa Google Trends dilakukan pada data dalam kurun waktu 4 tahun, 2014 sampai 2019. Data Google Trends tersedia dalam bentuk volume atau dikenal sebagai relative search volume (RSV) dengan nilai 0 hingga 100. Analisa dilakukan dengan membaca tampilan gambar secara visual dari data relative search volume (RSV) dan membandingkannya dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya terkait perkembangan minat masyarakat terhadap produk halal dan label halal di Indonesia. Kesimpulannya adalah trend minat masyarakat terhadap produk halal dan label halal mengalami peningkatan dalam kurun waktu tahun 2016 – 2019. Trend ini sejalan dengan peningkatan aspek halal dalam berbagai bentuk implementasi di masyarakat baik dalam aspek kelembagaan, hukum, sertifikasi, promosi dan pengembangan berbagai produk halal.
Copyrights © 2019