Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah
Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah

Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami

Maisyaroh Maisyaroh (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Artikel ini mengkaji perspektif falsafah pendidikan Islami tentang hakikat pendidik. Studi ini penting dilakukan mengingat konsep pendidikan di dunia Islam dipengaruhi oleh pandangan dunia Barat yang sekular. Padahal, kaum Muslim memiliki pandangan dunia yang khas yang bersumber dari al-Qur’an, hadis dan ijtihad para ulama. Studi ini merupakan hasil riset kepustakaan dimana data diperoleh melalui kegiatan studi dokumen yang dianalisis dengan analisis isi. Studi ini mengajukan temuan bahwa dalam pandangan Islam, hakikat pendidik adalah Allah Swt., para Nabi dan Rasul dan para ulama. Karena itu, para pendidik Muslim wajib meneladani sifat-sifat mereka dan meneruskan tugas-tugas mereka sebagai pendidik terideal dalam pandangan Islam. Kata Kunci: Falsafah Pendidikan, Pendidik, Murabbi, Mu‘allim, Mu’addib

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

althariqah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Thariqah Journal Manager invites lecturers, researchers and students to submit best manuscript of his research to be published in Al-Thariqah: Journal of Islamic Education, Faculty of Islamic Religious, Islamic University of Riau. Manuscripts submitted within the scope of the sciences of Islamic ...