Kompetisi pada industri retail sangat dinamis dan dibutuhkan strategy baru agar organisasi dapat unggul dalam kompetisi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada IKEA Alam Sutera. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 236 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software IBM SPSS AMOS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, experiential marketing memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel intervening antara experiential marketing dan loyalitas pelanggan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi dasar yang kuat bagi organisasi unutk menyusun strategi yang lebih berdampak terutama untuk tetap bertahan dan unggul dalam kompetisi saat ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020