ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol 1, No 3 (2018): ECEIJ - DESEMBER

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK

Masita, Masita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

ABSTRAKPermasalahan penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar berseri kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Permataku Palu  dapat ditingkatkan. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar berseri pada anak kelompok A TK Permataku Palu. Subyek penelitian adalah anak kelompok A dengan jumlah anak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok A yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan Pratindakan BB 47% MB 27% BSH 20% BSB 7% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai BB 27% MB 20 % BSH 20% BSB 33%, sedangkan pada siklus II mencapai BB 0% MB 0% BSH 13% BSB 93%  pada kategori berkembang sangat baik dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Permataku Palu.Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Media Gambar Berseri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...