ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol 2, No 2 (2019): Desember

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK

Reski, Upi (Unknown)
Said, Arsyad (Unknown)
Munir, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah  Penggunaan Media Permainan Kereta Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Ilmi Amalia Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu pada bulan Januari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Ilmi Amalia yang berjumlah 17 anak berusia 5-6 tahun terdiri dari 8 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantutatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian dimiliki oleh anak minimal 79 % dari keseluruhan jumlah anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 52 % anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemapuan mencocokkan angka dengan benda. Kemampuan pada siklus II  terjadi peningkatan yakni 94% anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 88% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 82% anak berkembang sangat baik pada kemampuan mencocokkan angka dengan benda.Kata Kunci : Bermain Kereta Angka, Kemampuan Mengenal Angka

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...