Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama

Model Matematika Bidang Pendidikan : Permasalahan Kualitas Dan Kuantitas

Rif'at, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2012

Abstract

Abstrak: Permasalahan pendidikan yakni kualitas dan kuantitas secara matematis ternyata berbentuk persamaan diferensial nonlinear sehingga tidak mudah dipahami dalam rangka penanganannya. Salah satu metode untuk memahami permasalahan tersebut adalah dengan menghampiri persamaan kualitas dan kuantitas menggunakan persamaan linear dengan cara analisis perubahan koefisien serta syarat awal. Model kualitas dan kuantitas pendidikan menggambarkan interaksi keduanya yang tumbuh pada suatu kebijakan. Metode tersebut digunakan untuk menganalisis sistem persamaan melalui ramalan tentang perilaku umum kebijakan atas dua variabel pendidikan itu. Solusi sistem persamaan merupakan fungsi waktu yang menggambarkan pembangunan bidang pendidikan. Solusi yang diperoleh adalah non ekplisit, untuk selanjutnya dianalisis sehingga diperoleh selesaian tetap dalam kesetimbangan kondisional dalam berbagai bentuknya. Kemudian dari sistem yang dilinearkan didapatkan kesimpulan menggunakan teorema-teorema yang berlaku pada sistem linear. Kata-kata kunci: persamaan diferensial nonlinear, perubahan koefisien, perubahan syarat awal, kesetimbangan kondisional, titik-titik kritis, tahap portret, teorema.  

Copyrights © 2013