Satya Widya
Vol 29 No 1 (2013)

PENGETAHUAN METAKOGNITIF UNTUK PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

Endang Indarini (Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Tri Sadono (Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Maria Evangeli Onate (Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2013

Abstract

Tulisan ini akan menghadirkan pemaparan singkat mengenai pengetahuan metakognitif yang merupakan dimensi terpenting dari Revisi Taksonomi Bloom. Pengetahuan Metakognitif sekiranya perlu menjadi perhatian penting di dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Indonesia yang sebenarnyamampu diterapkan di dalam Kurikulum 2013. Hal itu bisa dilihat dari tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahuisetelah menerima materi pembelajaran. Oleh karena itu, menjadi penting apabila para pendidik dan peserta didik mempunyai pengetahuan metakognitif dalam dirinya. Pengetahuan metakognitif merupakan salah satu dimensi pengetahuan dari Taksonomi Revisi. Pengetahuan metakognitif meliputipengetahuan tentang strategi umum yang dapat digunakan untuk tugas yang berbeda, pengetahuan tentang kondisi di mana strategi ini dapat digunakan, pengetahuan tentang sejauh mana strategi yang efektif, dan pengetahuan tentang diri. Pengetahuan Metakognitif terdiri dari pengetahuan akan strategibelajar, Pengetahuan tentang tugas-tugas kognitif dan pengetahuan diri.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...