Satya Widya
Vol 28 No 2 (2012)

PROBLEM-BASED LEARNING

David Esema (Program Pasca Sarjana - Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)
Evi Susari (Program Pasca Sarjana - Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)
Daniel Kurniawan (Program Pasca Sarjana - Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2012

Abstract

Problem-Based Learning (PBL), adalah model pembelajaran yang awalnya dikembangkan di dunia pendidikan medis, namun kini telah digunakan secara luas di berbagai jenjang dan bidang pendidikan. Basis teortits dari PBL adalah kolaborativisme dan konstruktivisme. Kemitraan, keterbukaan dan kejujuran, rasa hormat, dan kepercayaan menjadi nilai-nilai yang mendasari dan sekaligus menjadi prasyarat bagi keberhasilan PBL Sintaks PBL meliputi: pengenalan dan pemahaman konsep dasar, eksplorasi fakta dan informasi relevan secara mandiri, bertukar pemahaman dalam kelompok/kelas, kesimpulan dan evaluasi. Beberapa riset mengenai PBL baik di luar maupun di dalam negeri yang dipaparkan dan dibandingkan dalam tulisan ini menunjukkan data tentang efektifitas PBL dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...