Satya Widya
Vol 28 No 1 (2012)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 PADA MATAKULIAH KONSEP DASAR IPA

Adi Winanto (Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana)
Mawardi Mawardi (Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana)
Atalya Agustin (Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2012

Abstract

Salah satu topik dalam materi dari mata kuliah Konsep Dasar IPA adalah tata surya. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu penyajian tata surya hanya berupa gambar statis 2 dimensi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan MacromediaAuthorware 7.0 pada matakuliah Konsep Dasar IPA - Pokok Bahasan Tata Surya; 2) mengetahui hasil pembelajarannya, dan 3) menguji kelayakannya. Prosedur pengembangan dalam penelitian mengadaptasi model pengembangan menurut Dick & Carey dan juga Nana Syaodih Sukmadinata (2007:184-185).Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi tiga tahap, yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap penyusunan draft produk dan (3) tahap pengembangan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh Multimedia interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 pada matakuliah Konsep Dasar IPA - Pokok Bahasan Tata Surya dapat dikembangkan dengan menyajikan animasi tentang tata surya dengan dilengkapi dengan data-data pendukung mengenai anggota tata surya tersebut. Hasil tes dari pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif ini menunjukkan hasil yang baik. Hasil post tes rata-rata adalah 82.7 sedangkan hasil pre tes adalah 50.3. Multimedia interaktif ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata skor pada one to one evaluation adalah 4.2; pada small group evaluation adalah 4.1 dan pada field trial evaluation adalah 4.2.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...