Satya Widya
Vol 28 No 1 (2012)

MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERMAKNA DI INDONESIA DAN IMPLIKASI-IMPLIKASINYA

Wasitohadi Wasitohadi (Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2012

Abstract

Pendidikan bermakna sebagai sistem pendidikan memiliki tiga ciri, yaitu mensejahterakan, menghargai martabat manusia, dan berkeadilan. Implikasinya bagi pendidikan, bahwa (a) pendidikan harus berorientasi pada subyek didik, artinya anak didik diperlakukan sebagai subyek, pendidikan diselenggarakan sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak, dan pendidikan itu mengembangkan anak didik secara utuh, (b) pendidikan yang dikembangkan harus humanis religius, yaitu pendidikan yang menekankan aspek kemerdekaan individu diintegrasikan dengan pendidikan religius agar dapat membangun kehidupan individu (sosial) yang memiliki kemerdekaan dan kemandirian, tetapi dengan tidak meninggalkan nilai nilai keagamaan yang diikuti masyarakatnya, atau menolak nilai ketuhanan(ateisme), dan (c) kebijakan pendidikan yang deliberatif, sehingga kebijakan pendidikan yang dibuat memiliki hasil optimal.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...