Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Pelatihan Berbasis Masalah

Asminarti . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Berangkat dari permasalahan yang ada di SDN 184/V Parit Ponco, yakni tidak ada guru yang mengajar dengan media dan pembelajaran masih cenderung menggunakan metode ceramah maka dilakukan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan mengimpelementasikan pelatihan berbasis masalah dengan mengadaptasi model pembelajaran problem-based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SDN 184/V Parit Ponco pada 8 guru. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi untuk menilai 4 aspek dalam bentuk skala scematic differential. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran, yakni dari 59,97 pada siklus I menjadi 81,69 dengan semua guru menunjukkan adanya peningkatan skor. Selain itu, keempat aspek yang diukur dalam melihat kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran juga menunjukkan adanya peningkatan skor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...