Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi

Andi Asrifan (Unknown)
Gunawan Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik pendekatan lesson study. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tindakan yang terbagi dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Tindakan yang dilakukan berupa simulasi mengajar/ tutor sebaya dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian tindakan sekolah ini pada siklus I dan siklus II adalah : (a), rata-rata hasil simulasi mengajar skor 74,83 (siklus I) dan 93,17 (siklus II), (b), Sikap guru terhadap simulasi PBM skor 73 (siklus I) dan 88 (siklus II), (c), Pembuatan RPP skor 73,83 (siklus I) dan 95,50 ( siklus II) (d). Pelaksanaan PBM di kelas skor 79 (siklus I) dan 95,83 (siklus II).Simpulan penelitian ini adalah pengawasan akademik dengan cara supervisi akademik dengan pendekatan lesson study lebih menumbuhkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas. Peneliti merekomendasikan agar kegiatan penelitian tindakan sekolah ini terus dilakukan untuk memperbaiki mutu profesionalisme guru dan sekolah, dengan terjalin komunikasi yang harmonis setiap elemen pendidikan akan dapat menyelesaikan permasalahan secara tuntas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...