Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar

ANA WULANDANINGRUM, ENIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Pembelajaran berkualitas ditandai dengan tingginya keaktifan siswa dan ketepatan guru memilih metode pembelajaran. Tuntutan Kurikulum 2013 adalah keseimbangan soft skill perlu ditanamkan sejak SD. Penerapan STEM dalam pembelajaran dioptimalkan untuk memacu guru berkreatif dan mendorong siswa berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendiskripsikan pengintegrasian STEM dalam pembelajaran dengan mengembangkan soft skill siswa Dandong Metode pemecahan masalah tiga tahap : persiapan, implementasi dan evaluasi. Persiapan (melakukan survei), pendahuluan (melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesional guru). Implementasi (pelatihan, metode ceramah dan presentasi, praktik pengajaran STEM). Evaluasi kegiatan dilakukan setiap tahap dengan mengumpulkan dan meringkas data setiap aktivitas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...