Jurnal IPA Terpadu
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 27 MAKASSAR

Siti Fayrina Amin (Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Yani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Makassar yang dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media PPT. Variabel bebas dalam peneletian ini adalah model pembelajaran Discovery learning dengan Media PPT sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian Quasi-eksperiment menggunakan desain penelitian  Non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Makassar semester genap tahun pelajaran 2018/2019 Sebanyak 11 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 orang peserta didik dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 orang peserta didik. Data Hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar  pada materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhkluk Hidup berupa pretest dan post test. Teknik analisis data yaitu dengan Analisis kovarian (Anacova). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh α = 0,05 yang menunjukan bahwa adanya pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik  kelas VII SMP Negeri 27 Makassar pada materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhkluk Hidup.

Copyrights © 2019