Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan pemakaian teknologi keuangan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan keuangannya di pasar negara berkembang. Teknologi keuangan meliputi gerbang pembayaran, pinjaman online, penawaran produk online, literasi keuangan. Penelitian ini menganalisis lima faktor terkait konsumen yakni demografi, psikografi, literasi perbankan, kesadaran teknologi dan kepercayaan terhadap regulator. Dari kelima variabel tersebut dicerminkan ke dalam 15 pengukuran. Dari ke-15 variabel ini akan menjelaskan variabel yang mempengaruhi seseorang dalam menggunakan teknologi keuangan. Penelitian ini mempergunakan binary logit test. Dalam model binary logit test, konsumen yang menggunakan teknologi dan yang tidak menggunakan teknologi akan diukur dengan variabel dummy. Penelitan menggunakan sampel dengan 298 responden. Responden terdiri dari generasi milenial terbesar yakni 56 persen, lulusan perguruan tinggi 75 persen, pendapatan kelas A dan B sebesar 67 persen, memiliki rekening bank sebanyak 95 persen dan memiliki sosial media sebanyak 99 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dari generasi milenial dengan pendapatan kelas A dan B menjadi kelompok penerimaan atau pengunaan teknologi keuangan tertinggi. Jenis kelamin juga memiliki implikasi terhadap penerimaan teknologi. Semua variabel diuji dengan tingkat <5 persen.
Copyrights © 2020