JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Number 2 September 2019

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA

Beni Setiawan (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Olenggius Jiran Dores (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi adalah bahan ajar yang melibatkan kesadaran penggunanya dalam memikirkan tentang proses berpikir dalam hal melibatkatkan pengetahuan materi ajar sebelumnya sehingga kemampuan menalar, menyelesaikan masalah, representasi, koneksi atau disebut literasi matematis ini muncul. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi untuk melihat peningkatan kemampuan literasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji gain score. Diperoleh kesimpulan bahwa 1) bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi layak untuk digunakan; 2) berdasarkan validasi ahli secara keseluruhan bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi dinyatakan layak untuk; 3) Terdapat peningkatan kemampuam literasi matematis mahasiswa sebesar 0,57 dengan kriteria sedang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...