Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 No.2 Tahun 2020

Mengapresiasikan Hasil Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI-IPA-2 Semester Genap Di SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun Pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan Metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran Yang Mengembangkan

Warsito, S.Pd. M.Pd (SMA Negeri 2 Madiun)



Article Info

Publish Date
03 May 2020

Abstract

Dengan menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) dapat berjalan dengan optimal. Kemampuan dasar pada materi pembelajaran hubungan pemerintahan pusat dan daerah dapat tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada hasil evaluasi siswa yang mencapai ketuntasan 78,25%. Pada Siklus I hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 17 (68%) dan sedang sebanyak 4 (16%) serta sebanyak 4 (16%) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 9 (36%), yang memiliki perhatian sebanyak 6 (24%) dan perhatian kurang 10 (40%). Pada Siklus II hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 21 (84%) dan sedang sebanyak 2 (8%) serta sebanyak 2 (8%) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 19 (76%), perhatian orang tua sebanyak 4 (16%) dan perhatian kurang 2 (8%). Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) dapat meningkatkan aktifitas dan perhatian siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) tersebut dinyatakan Tuntas. Maka tidak perlu diadakan kegiatan penelitian pada siklus berikutnya. Berdasarkan uraian tersebut di atas, hipotesis yang dianjurkan dalam penelitian tindakan kelas ini : “Jika kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) pada materi pembelajaran Mendiskripsikan Meaning Through Music dan manfaat dalam kehidupan pada pelajaran Bahasa Inggris prestasi belajar siswa dapat meningkat”, dapat di terima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...