Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 No.2 Tahun 2020

Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Teknik Supervisi Observasi Kelas Pada SMP Negeri I Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016

Tirtosari, M.Pd. (SMP Negeri I Puspo Kabupaten Pasuruan)



Article Info

Publish Date
03 May 2020

Abstract

Boardman (1967) mengemukakan bahwa tanggungjawab kepala sekolah sebagai supervisor (pembina) guru-guru mencakup kegiatan dalam membimbing guru agar dapat memahami lebih jelas tentang masalah-masalah dan kebutuhan murid dan kemudian membantu menyelesaikannya, membantu guru mengatasi kesulitan mengajarnya. Untuk itulah peneliti tertarik untuk mengadakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) atau School Action Research (SAR) yang berjudul : “Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Teknik Supervisi Observasi Kelas Pada SMP Negeri 1 PuspoKabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016.” Pelaksanaan kegiatan supervisi pengajaran dengan teknik observasi kelas di SMP Negeri 1 Puspo kabupaten Pasuruan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi observasi kelas. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu mengenai : Program perencanaan supervisi, frekuensi pelaksanaan observasi kelas, ketepatan penggunaan teknik supervisi observasi kelas, serta etika penerapan supervisi observasi kelas. Kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Puspo kabupaten Pasuruan khususnya lima orang guru sebagai subyek penelitian dalam proses pembelajaran di kelas ketika disupervisi oleh Kepala Sekolah melalui observasi kelas menunjukkan peningkatan yang baik dari siklus ke siklus. Peningkatan tersebut meliputi aspek-aspek : mengelola ruang , waktu dan fasilitas belajar, aspek menggunakan strategi pembelajaran, mengelola interaksi kelas, mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar, serta aspek melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...