Rendahnya kemampuan siswa kelas B/TK B dalam praktik mewarnai gambar : (1) siswa kurang latihan; (2) kemampuan guru yang kurang dalam penyampaian materi; (3) sistem kegiatan belajar mengajar yang monoton dan kurang menarik, sehingga siswa bosan. Pembelajaran dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode demonstrasi siswa akan lebih terpancing dan mudah untuk berlatih dalam Mewarnai Gambar. Penggunaan metode demonstrasi merupakan sarana mempermudah siswa dalam memahami materi ajar agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan Penggunaan Metode demonstrasi, peneliti yakin bahwa pembelajaran akan berjalan lancar, memudahkan siswa untuk mewarnai gambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah melalui metode demonstrasi, kemampuan mewarnai anak TK B,TK Kartika IV.42 Nganjuk tahun /2015 dapat meningkat?; dan (2) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar mewarnai TK B,TK Kartika IV.42 Nganjuk tahun /2015 dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah (1) ntuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan mewarnai Gambar pada anak TK B,TK Kartika IV.42 Nganjuk tahun /2015 ; dan (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar anak TK B,TK Kartika IV.42 Nganjuk tahun /2015 dalam melakukan kegiatan mewarnai gambar setelah adanya pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus didapat kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan mewarnai gambar anak TK B,TK Kartika IV.42 Nganjuk tahun /2015 setelah pembelajaran menggunakan metode demonstrasi persentase keberhasilannya dapat mencapai 93,33%; (2) Dalam kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi , sebagian besar siswa terlibat aktif bekerja sama / bergotong royong (dalam diskusi dengan kelompoknya) dalam proses kegiatan latihan mewarnai gambar bersama; dan (3) Aktivitas guru dalam pembelajaran sangat tinggi/sangat antusias.
Copyrights © 2020