Di samping siswa kurang berani dan terlatih untuk berbicara di depan umum, penyebab utama rendahnya kemampuan anak TK B, TK Pertiwi Nglundo Sukomoro Nganjuk dalam menjumlah dan mengurangi adalah pemilihan strategi atau model pembelajaran yang kurang sesuai . Penerapan pemodelan dalam model pembelajaran dengan Metode Pembimbingan Kelompok diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjumlah dan mengurangi .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menjumlah dan mengurangi melalui penerapan pembelajaran dengan Metode Pembimbingan Kelompok pada anak TK B, TK Pertiwi Nglundo Sukomoro Nganjuk tahun 2017 ?; (2) Apakah dengan penerapan pembelajaran dengan Metode Pembimbingan Kelompok , aktivitas belajar anak TK B, TK Pertiwi Nglundo Sukomoro Nganjuk dalam menjumlah dan mengurangi dapat meningkat? Berdasarkan hasil penelitian didapat simpulan : 1) Peningkatan prestasi belajar matematika (berhitung) materi pokok menjumlah dan mengurangi melalui metode Pembimbingan Kelompok pada anak TK B, TK Pertiwi Nglundo Sukomoro Nganjuk tahun 2017 persentasi keberhasilannya mencapai 95%. 2) Penerapan Metode Pembimbingan Kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar anak TK B, TK Pertiwi Nglundo Sukomoro Nganjuk tahun 2017.
Copyrights © 2020