Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 3, No 2 (2019): JURNAL NERACA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Sri Gita Multri Dewi (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Hendri Gunawan (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  metode pembelajaran kelompok kecil menggunakan media  flash card  terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu dengan cara semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t” tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel atau 4,554>1,995 maka tolak Ho dan terima Hα artinya ada pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran kelompok kecil dengan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Besarnya interpretasi pengaruh adalah 23,33% dengan kategori “Rendah” sedangkan sisanya sebesar  76,67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidk dijelaskan dalam penelitian ini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...